Kuatkan Sinergi, APHB Koordinasi dengan Kanwil Kemenag Bali

DENPASAR-Guna menguatkan sinergi dalam hal membangun kepemudaan ke depan, Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB) melaksanakan audiensi ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bali, Rabu (9/9). Kedatangan APHB yang dipimpin Ketua PP, I Wayan Suartika diterima langsung Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Komang Sri Marheni.

Pada kesempatan itu, Suartika mengucap terima kasih sudah diterima oleh Sri Marheni. Diungkapkan, kelahiran APHB tak lepas dari peran Kanwil Kemenag Bali. Sebab Kakanwil Kemenag saat itu, I Nyoman Lastra sangat berperan penting. "Beliau sangat berjasa bagi kami, karena ikut memberi arahan dan melantik Pengurus Pusat APHB di Kanwil Kemenag Bali 2018 lalu," ungkapnya didampingi Sekum Surpa Adisastra, Ketua APHB Tabanan Heri Dianandika, dan Ketua APHB Denpasar terpilih Wikan Pradnya Dana.

Nah, guna meneruskan ikatan kekeluargaan yang telah terbentuk di awal, Suartika menuturkan selama ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Misalnya pelatihan kewirausahaan, pelatihan digital, lomba-lomba bagi pelajar, penggalangan bantuan untuk warga Hindu terdampak bencana, bantuan sembako untuk warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19, dan sebagainya. "Ke depan, kami berharap Ibu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali juga tetap membimbing dan mengarahkan kami. Misalnya dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan untuk keumatan. Sehingga kita bisa berjalan bersama-sama untuk menguatkan umat, khususnya generasi muda Hindu," kata lulusan pascasarjana IHDN Denpasar ini.

Senada dengan Suartika, Ketua APHB Tabanan, Heri Dianandika juga berharap pihaknya dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan di daerah. Misalnya Kanwil Kemenag memiliki program pembinaan pemuda pranikah. "Harapan kami agar dilibatkan dalam program tersebut.
Ada pula program Dharma Dana. Ini kami siap untuk turut serta dalam mendukung dan mungkin bisa membantu di lapangan," jelasnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya berencana melaksanakan pasraman kilat yang menyasar generasi muda, baik remaja maupun anak-anak. "Semoga Ibu Kakanwil bisa memberi dukungan," harap Heri yang juga aktif sebagai penulis buku.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Bali, Komang Sri Marheni, mengapresiasi semangat dan kegiatan yang telah dilaksanakan APHB. Menurutnya pemerintah juga perlu keterlibatan pemuda dalam menjalankan berbagai program. Apalagi di tengah covid-19.
"Tidak semua program bisa dijalankan pemerintah. Ibaratnya pemerintah adalah orang tua, sedangkan masyarakat dan pemuda adalah anaknya.
Sekarang masyarakat dan pemuda kami dorong lebih proaktif," ujarnya.

Mengenai program yang direncanakan APHB, Kanwil Kemenag tentu mendukung. Apalagi yang menyasar generasi muda. Sebab, di era digital ini, pemuda yang menjadi ujung tombak pembangunan bangsa. Selama itu kegiatan positif dan menguatkan kepemudaan, baik dalam hal keagamaan, seni dan budaya, menurutnya tentu bagus dilaksanakan. "Jadi semoga rasa kekeluargaan yang sudah terjalin baik ini, kita bisa teruskan ke depan. Sehingga bisa saling bersinergi," pungkas pejabat asli Buleleng yang pernah menekuni seni teater ini. (Sas)