Belum Resmi Dilantik, PK APHB Gianyar Salurkan Bantuan Sosial Kepada Lansia

Kamis, (27/8/2020) Pimpinan Kabupaten Aliansi Pemuda Hindu Bali (PK APHB) Gianyar mengadakan kegiatan Tujuh Belas Berbagi yang bertempat di Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. 

Kegiatan Tujuh Belas Berbagi merupakan inisiasi Pimpinan Pusat Aliansi Pemuda Hindu Bali kepada seluruh PK APHB yang terdapat di Provinsi Bali dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. 

Ketua Pimpinan Pusat Aliansi Pemuda Hindu Bali, I Wayan Suartika, S. Ag, M. Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan di seluruh kabupaten di Bali dan dieksekusi oleh Pengurus APHB di setiap kabupaten. "Ini adalah kegiatan sosial yang diselenggarakan di bulan kemerdekaan serentak di seluruh kabupaten dengan harapan masyarakat yang belum tersentuh bantuan selama masa pandemi ini terkhususnya lansia benar-benar terbantu", ujar Suartika. 

Tujuan kegiatan Tujuh Belas Berbagi untuk menjaga kebersamaan, membangkitkan kepedulian pemuda terhadap sesama, dan menjaga falsafah menyama braya agar tidak lazim terucap namun enggan untuk dilaksanakan. "Aksi nyata dari implementasi konsep Tri Hita Karana ini yang perlu kita tingkatkan antar pemuda Hindu yang ada sehingga terbangun semangat gotong royong untuk saling menjaga demi tujuan bersama yaitu Bali yang prajahita (daerah yang sejahtera) sehingga kita bangga menjadi bagian dari bangsa ini", tambahnya. 

Kegiatan Tujuh belas Berbagi ini sangat disambut baik oleh PK APHB Gianyar. Dimana PK APHB Gianyar merupakan cabang organisasi APHB yang baru saja dibentuk di Kabupaten Gianyar dan belum resmi dilantik. Namun PK APHB Gianyar telah melakukan pemilihan ketua pada Selasa, 25 Agustus 2020.

"Kami PK APHB Gianyar menyambut baik inisiatif Pimpinan Pusat untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Sekalipun kami belum dilantik, niat tulus untuk berbagi kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan tetap menjadi hal utama. Terlebih lagi ini merupakan donasi yang berasal dari masyarakat untuk masyarakat. Kami hanya sebagai perantara saja", ujar I Gede Gemet Hari Nandarama selaku Ketua PK APHB Gianyar terpilih.

PK APHB Gianyar  bergerak bersama untuk memberikan bantuan sosial kepada seorang lansia dan salah satu keluarga yang belum tersentuh bantuan akibat pandemi Covid-19 di Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Agustus 2020 melibatkan beberapa perwakilan anggota PK APHB Gianyar. Adapun bantuan sosial yang diberikan berupa sembako yaitu beras, telur, minyak goreng, kopi, susu dan bumbu dapur. Selain itu ada juga alat MCK seperti sabun, shampo dan sikat gigi. Dana dari bantuan sosial ini berasal dari sumbangan masyarakat yang sebelumnya dikumpulkan pada tanggal 16 Agustus 2020 melalui kegiatan penggalangan dana di seputaran wilayah Kota Denpasar. 

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat terus terlaksana untuk dapat memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. "Semoga kegiatan ini bisa diulang kembali tidak hanya pada momen-momen tertentu saja. Semoga juga bantuan yang tidak banyak ini benar-benar bermanfaat bagi yang bersangkutan", ujar pria yang kerap disapa Gemet.