PEMUDA HINDU DENPASAR ISI KEMERDEKAAN DENGAN BERBAGI

Kumpulan pemuda Hindu yang berhimpun dalam organisasi Pergerakan Sanathana Dharma Nusantara (Persadha Nusantara) dan Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB) Kota Denpasar memilih untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara yang berbeda dari anak muda biasanya. Ketika banyak yang memilih untuk melakukan lomba-lomba meski masih berada di tengah pandemi, Persadha Nusantara dan APHB Denpasar memilih untuk berbagi dengan masyarakat kota Denpasar yang kurang beruntung meskipun Indonesia telah menginjak usia 75 tahun.

Kegiatan yang dilakukan pada Sabtu-Minggu, 16-17 Agustus 2020 terselenggara berkat kerja sama dengan bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan LVRI Kota Denpasar. Kegiatan ini menyasar para Veteran, penyandang disabilitas, lansia terlantar dan juga keluarga kurang mampu. Sejumlah 15 paket sembako yang terdiri dari 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 50 butir telor, 5 pcs masker kain, 1 botol hand sanitizer dan 1 paker sayur. Terdapat 6 Veteran yang disambangi oleh Persadha Nusantara dan APHB Denpasar tersebar di empat kecamatan yang ada di Denpasar.

Menurut Putu Gede Arya Setiawan selaku Koordinator Lapangan, kegiatan ini tak terlepas dari keresahannya dan teman-teman yang kebetulan berhimpun dalam satu wadah melihat realita masyarakat yang masih belum beruntung keadaannya. Ditambah diterpa gelombang pandemi COVID-19 yang memperparah keadaan.

“Tentu kami juga memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-75 yang jatuh pada hari ini. Tapi kami sadari, tidak semua bisa merayakan secara semarak dan tawa ceria. Masih banyak yang kurang beruntung dan atas dasar itulah kami berinisiatif untuk menggalang donasi. Astungkara donasi terkumpul dan kami bisa menyalurkan bantuan sebanyak 15 paket sembako kepada beberapa masyarakat di Kota Denpasar.” Ujar Arya yang juga Ketua Bidang Sosial Persadha Nusantara Denpasar di sela-sela penyerahan bantuan di wilayah Denpasar Timur.

Hal senada juga disampaikan oleh Gde Wikan Pradnya Dana selaku Ketua APHB Kota Denpasar, menurutnya kolaborasi banyak pihak diperlukan untuk membantu masyarakat yang keadaannya belum layak dan alangkah baiknya untuk kita berbagi senyuman dengan mereka.

“Melihat senyuman mereka yang sudah kami bantu benar-benar membuat kami makin semangat untuk berjuang agar bisa membantu sesama dikemudian hari. Hari ini kita telah tuntas menyalurkan 15 paket sembako di 4 kecamatan yang ada di Kota Denpasar. Kegiatan ini terselenggara tidak terlepas dari kolaborasi dan kerja sama yang kita jalin bersama pemerintah, LVRI dan Persadha Nusantara Kota Denpasar.” Pungkas Gde Wikan setelah menyalurkan paket sembako di banjar Badak Sari, Sumerta Kelod Denpasar.

Tak hanya berhenti dengan membagikan 15 paket sembako yang sudah tersalurkan ke 15 warga yang sudah terdata sebelumnya, Persadha Nusantara dan APHB Kota Denpasar juga akan kembali menyalurkan bantuan berupa sembako, masker, hand sanitizer dan alat tulis di salah satu Panti Asuhan yang ada di Kota Denpasar sebelum menyambut hari Raya Galungan pada September mendatang.