Sistem Kerja

Garis Kerja Dalam Struktur Organisasi

Dalam setiap organisasi harus terdapat struktur organisasi serta alur wewenang yang jelas. Hal tersebut diperlukan dengan maksud agar mekanisme kerja dan alur pertanggungjawaban organisasi dapat berjalan dengan lancar. Bentuk maupun bagan strukur, alur wewenang dan pertanggungjawaban  terseut dapat digambarkan melalui hubungan kerja sebagai berikut:

 

Adapun penggunaan garis instruksi adalah sebagai berikut :

  1. Garis instruksi terdapat pada struktur organisasi dimana terdapat tingkatan atau susunan yang didalamnya terdapat hubungan pimpinan dengan bawahan.
  2. Garis instruksi juga menunjukkan mekanisme pertanggungjawaban dari bawahan kepada pimpinan.
  3. Garis instruksi ditandai dengan suatu garis lurus yang utuh dengan pimpinan dan bawahan sebagai titik pangkal.

 

Adapun penggunaan garis koordinasi adalah:

  1. Garis koordinasi terdapat pada semua tingkatan organisasi yang didalamnya terdapat hubungan antar fungsionaris yang kedudukannya sejajar atau antar  tingkatan organisasi yang bersifat otonom, dimana hubungan antara atasan dan bawahan yang bersifat instruksi hanya berkaitan dengan program kerja.
  2. Dalam garis koordinasi tidak terdapat mekanisme atau hubungan pertanggungjawaban. Yang ada hanyalah mekanisme komunikasi dua arah.
  3. Garis koordinasi ditandai dengan suatu garis putus-putus yang dapat menghubungkan antara fungsionaris dalam satu tingkatan atau antar tingkatan organisasi