Pemuda Hindu Demo Pelecehan Nyepi via Facebook

  • Dibaca: 129 Pengunjung

Hari/Tanggal
:
Senin, 19 Maret 2018
Tempat
:
Denpasar

Sekira seratus orang dari Aliansi Hindu Muda Indonesia menggelar aksi demo di depan Kantor Wilayah Depag Provinsi Bali guna mengecam tindak pelecehan pelaksanaan hari raya Nyepi lewat Facebook.

Sekitar pukul 13.00 Wita, pemuda pemudi tiba di halaman Kanwil Depag Bali di jalan Letda Tantular, Denpasar, menyampaikan aspirasinya. Mereka berpakaian adat Bali berbaris rapi sembari membentangkan spanduk dan karangan buka sebagai bentuk keprihatinan atas kasus tersebut.

Setelah diterima Kakanwil Depag, IG Aka Sutayasa, mereka menyerahkan lima pernyataan sikap terkait pelecehan saat perayaan Nyepi sebagaimana muncul di Facebook oleh Ibnu Rachal Farhansyah. Seperti diketahui dalam akun Facebook Ibnu, tertulis kata-kata yang dinilai sangat mengusik hati warga Hindu ketika mereka tengah khusyuk merayakan hari Nyepi.

"Kami menuntut Ibnu agar segera meminta maaf secara terbuka tidak hanya lewat Facebook, sebab masalah ini sudah berkembang luas menjadi keresahan hingga ke tingkat bawah, banyak petani di desa sudah mendengar masalah ini sehingga harus cepat ditanggapi," kata Koordinator aksi I Gede Landep, Jumat (19/3/2010).

Menurut Landep, aksi simpatik dimaksudkan agar semua pihak dapat menghormati keyakinan yang dianut masyarakat Hindu seperti saat perayaan Nyepi pada Selasa 16 Maret lalu. Pihaknya mendesak Depag agar meneruskan aspirasi tersebut seraya meminta pihak berwajib segera menelusuri kasus ini agar tidak berkembang lebih jauh.

"Kami mengecam tindakan yang dilakukan Ibnu karena tergolong penistaan dan melecehkan hari raya Nyepi yang dilaksanakan dan diyakini oleh seluruh umat Hindu di Indonesia," tandasnya didampingi Wayan Suantika, aktivis lainnya.

Terhadap kasus ini, mereka juga mengajak masyarakat Hindu untuk mawas diri sehingga tidak terporvokasi serta berpegang pada ajaran dan nilai-nilai Hindu.

"Kami juga mengajak umat Hindu menjaga persatuan dan mengimplementasikan simbol suci Hindu dan ajaran-ajarannya dengan sebaik mungkin sehingga pelecehan serupa tidak terulang," ucap dia.

Saat menerima pendemo, Kakanwil Depag Sutayasa berjanji akan menindaklanjuti dan meneruskan aspirasi tersebut agar mendapat tanggapan pihak-pihak terkait. Pihaknya meminta agar dalam menyampaikan aspirasi tetap secara damai.

Aksi mereka mendapat pengawalan ketat aparat Dalmas Poltabes Denpasar dan setelah satu setengah jam berorasi mereka membubarkan diri secara tertib, pulang kembali ke rumah masing-masing.

sumber : https://news.okezone.com/read/2010/03/19/340/314175/pemuda-hindu-demo-pelecehan-nyepi-via-facebook

  • Dibaca: 129 Pengunjung